Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakahpeningkatan hasil belajar melalui pembelajaran praktikum denganmemanfaatkan alat dan bahan di lingkungan sekitar pada pokokbahasan kalor di SMP Negeri 4 Kragan Rembang. Subjek penelitianini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 38 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodePenelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yangterencana. Masing- masing siklus merupakan rangkaian tahapanPerencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Siklus IIbertujuan untuk memperbaiki kekurangn yang ada pada siklus I. Daridata yang telah didapat pada siklus I nilai rata- rata tes awal siswa5,7 dan nilai rata- rata tes akhir/ ulangan harian siswa 6,3.Presentase ketuntasan klasikal tes awal 42,1% atau 22 siswa, setelahpraktikum diberikan presentase ketuntasan naik menjadi 68,42% atau26 siswa. Pada siklus II rata- rata tes awal 6,4 dan nilai rata- rata tesakhir 7,1. Presentase ketuntasan klasikal pada tes awal adalah73,68% atau 28 siswa dan presentase ketuntasan klasikal tes akhir84,21% atau 32 siswa. Jika dilihat dari tiap siklus ketuntasan belajarmengalami kenaikan. Dan jika dilihat dari ketuntasan belajar tesakhir/ ulangan harian dari siklus I 68,42% ke siklus II 84,21%mengalami kenaikan sebesar 15,79%. Berdasarkan hasil penelitiantindakan kelas siklus pertama dan suklus kedua, dapat disimpulkanbahwa pembelajaran praktikum dengan memanfaatkan alat danbahan di lingkungan sekitar dapat meningkatkan hasil belajar IPAFisika di SMP Negeri 4 Kragan rembang dalam kegiatanpembelajaran IPA Fisika pokok bahasan Kalor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2011