Cognitive Bias semakin penting untuk pengambilan keputusan bisnis. Dengan kemajuan teknologi data dan analisis, faktor-faktor psikologis ini mungkin membuat sulit untuk menggunakan data dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan keputusan yang tidak berdasarkan fakta atau analisis yang seharusnya. Selain mempengaruhi satu keputusan tertentu, Cognitive bias dapat mempengaruhi kinerja dan strategi perusahaan secara keseluruhan dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti berbagai jenis bias cognitive yang berbeda bagaimana mereka memengaruhi pengambilan keputusan, bagaimana mereka memengaruhi kinerja perusahaan dan cara mengurangi dampak negatifnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Berbagai jenis bias kognitif seperti bias konfirmasi, penahan, terlalu percaya diri, ketersediaan, dan optimisme sangat memengaruhi pengambilan keputusan dalam bisnis. Bias-bias ini dapat menyebabkan keputusan yang kurang optimal akibatnya, kualitas keputusan bisnis menjadi buruk dari segi efektivitas, efisiensi, dan manfaat jangka panjang. Perusahaan bisa kehilangan peluang, mengambil risiko yang tidak perlu, dan kesulitan beradaptasi dengan perubahan pasar. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan upaya untuk mengurangi dampak bias kognitif, seperti meningkatkan kesadaran memgenai adanya bias cognitive serta harus mengambil keputusan berdasarkan data dengan begitu, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih objektif, responsif, dan adaptif, sehingga meningkatkan daya saing dan stabilitas bisnis.
Copyrights © 2024