FingeR: Journal of Elementary School
Vol. 3 No. 2 (2024): Edisi: Desember

Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Siti Rohmah Siregar (Unknown)
Pravitasari, Dyah (Unknown)
Septikasari, Resti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan E-Modul berbasis kerifan lokal pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan pengembangan yaitu Analysis (analisa), Design (desain/perancangan), Development (pengembangan), Evaluasi (Evaluation).  Namun peneliti membatasi penelitian hanya sampai pada tahapan Development (pengembangan), hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru membutuhkan modul ajar untuk mempermudah pemahaman sebagai bahan penyaluran materi yang menyenangkan kepada peserta didik. 2) Bentuk pengembangan modul ajar berupa “E-modul berbasis kearifan lokal” melalui studi pendahuluan, dan pengembangan. 3) Hasil uji kelayakan media pembelajaran “E-modul Berbasis Kearifan Lokal” berdasarkan: a) penilaian ahli materi mendapatkan skor presentase 87,5% kategori “sangat valid” untuk digunakan, b) penilaian ahli media dinilai dari beberapa aspek dengan mendapatkan skor presentase 91,6% kategori “sangat valid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

FingeR

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

FingeR (Journal of Elementary School) is a journal of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Primary School/ Basic Education/ MI/ SD which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PGMI/PGSD/MI/SD 2. Learning strategies in PGMI/PGSD/MI/SD ...