Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting
Vol 4, No 2 (2024): Desember

Meningkatkan Minat Belajar Mengenal Huruf, Angka, Warna dan Bentuk Pada Anak Usia 4-6 Tahun Melalui APE Di Yayasan RA Al-Hikmah Mandala

Syafrina, Erika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan minat belajar anak dalam mengenal huruf, angka, warna dan bentuk pada anak usia 4-6 tahun melalui APE di Yayasan RA Al-Hikmah Mandala, kec. Medan Denai, Kel. Tegal Sari mandala II, Kota Medan Sumatera Utara. Penelitian yang dilakukan menggunakan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi. Data yang diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan pada peneltian ini menggunakan instrumen berupa check list. Pada instrumen peneltian check list menggunakan BB, MB, BSH, BSB. Penyajian data dalam penelitian ini dianalisis dalam bentuk tabel yang diambil dari data sekolah. Dari hasil observasi pada siklus 1 dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdapat 52% dalam kegiatan membaca huruf vocal dan huruf abjad, 64% dalam kegiatan mengelompokkan benda sesuai warna, 46% dalam kegiatan menyebutkan angka 1-10, dan 57% dalam kegiatan mengenal bentuk-bentuk geometri yang ia lihat. Peningkatan minat belajar mengenal huruf, angka, warna dan bentuk di Yayasan RA Al-Hikmah Mandala berkembang dengan signifikan pada siklus kedua yaitu 93% dalam kegiatan membaca huruf vocal dan huruf abjad, 92% dalam kegiatan mengelompokkan benda sesuai warna, 88%  dalam kegiatan menyebutkan angka 1-10, 93% dalam kegiatan mengenal bentukbentuk geometri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ALHANIF

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting by the Early Childhood Islamic Education Study Program, Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah North Sumatra is dedicated as a medium to publish thoughts and research related to the topic of child education and parenting. Al-Hanif: ...