MALIH PEDDAS
Vol 5, No 1 Juli 2015 (2015): MALIH PEDDAS

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TERINTEGRASI SISWA KELAS IV SDN JOMBLANG 01 SEMARANG

Nida Yuli Rachmawati, Aries Tika Damayani, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil belajar siswa yang rendah dan gaya mengajar guru yang monoton. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar tematik terintegrasi antara siswa yang mendapat model pembelajaran Teams Games Tournaments, Students Teams Achievement Division, dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional pada sub tema Keindahan Alam Negeriku kelas IV semester 2 SDN Jomblang 01 Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian true experimental dengan jenis posttest only control design dan diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk kelas eksperimen 1, Students Teams Achievement Division (STAD) untuk kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol tanpa perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis varians dari nilai akhir diperoleh . Maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar tematik terintegrasi antara siswa kelas kontrol, eksperimen 1, dan eksperimen 2. Uji hipotesis 2 dan 3 diperoleh t1 =3.244 ttabel =1.67 dan t2 =3.054  ttabel =1.67 maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan pula bahwa hasil belajar tematik terintegrasi siswa kelas eksperimen 1 sama dengan hasil belajar tematik terintegrasi siswa kelas eksperimen 2. Dari perhitungan diperoleh rata-rata kelas kontrol = 50.4, kelas eksperimen 1 = 61.7 dan kelas eksperimen 2 = 60.533

Copyrights © 2015