AKSIOMA
Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA

PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN TANGRAM GEOGEBRA UNTUK MENEMUKAN LUAS PERSEGI

Nursyahidah, Farida ( Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI Universitas PGRI Semarang)
Saputro, Bagus Ardi ( Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2015

Abstract

Pembelajaran discovery learning sejalan dengan pandangan konstruktivisme yang dapat membantu siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri melalui sebuah kegiatan penemuan. Oleh karena itu perlu disajikan contoh pembelajaran discovery learning yang bertujuan untuk menemukan suatu konsep penemuan luas. Dengan discovery learning siswa akan dihadapkan pada suatu keadaan yang menggugah keinginan mereka untuk bereksplorasi. Dalam eksplorasi tersebut membutuhkan alat peraga atau media yang tepat agar siswa dapat mencoba, mengamati, bernalar, dan mengemukakan gagasan tentang ide-ide matematis. Dengan menggunakan software GeoGebra siswa akan belajar membuat tangram sebagai objek eksplorasi dalam pembelajaran discovery learning. Kata Kunci: Discovery Learning, Tangram, GeoGebra

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...