Edukasi
Vol 12 No 2 (2024): EDUKASI

PERAN FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN DALAM PEMEROLEHAN BAHASA ASING BAGI BUKAN PENUTUR ASLI (NON-NATIVE SPEAKER) DI INDONESIA

Amri, Samsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Studi ini berfokus pada peran filsafat ilmu pendidikan dalam pemerolehan bahasa asing oleh siswa bukan penutur asli (non-native speakers) di Indonesia. Karena Indonesia adalah negara multibahasa, pengajaran bahasa asing menjadi sulit. Hal ini terutama karena lingkungan belajar tidak mendukung interaksi dengan penutur asli. Behaviorisme, konstruktivisme, dan humanisme adalah tiga tradisi filosofis yang memberikan perspektif unik tentang pengajaran bahasa. Konstruktivisme menekankan interaksi sosial dan pengalaman langsung untuk membangun keterampilan komunikasi, sedangkan behaviorisme memberikan dasar kuat untuk penguasaan tata bahasa melalui pengulangan dan reinforcement. Sebaliknya, pendekatan humanistik menekankan betapa pentingnya dukungan psikologis untuk membuat lingkungan belajar yang mendukung dan mengurangi kecemasan siswa. Namun, keterbatasan teknologi dan kurangnya akses ke lingkungan yang mendukung praktik bahasa asing tetap menjadi hambatan di Indonesia. Studi ini menemukan bahwa pengajaran bahasa yang lebih holistik, yang menggabungkan elemen dari berbagai teori filsafat pendidikan, dapat membantu siswa belajar bahasa asing dengan lebih baik di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

judek

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL EDUKASI adalah jurnal yang mengkaji tentang pendidikan dan pembelajaran. Mencakup multidisplin ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan November. Dipublikasikan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam ...