Tujuan penelitian ini ialah buat melihat bagaimana penerapan permainan lompat tali tradisional dapat memengaruhi perkembangan motorik pada anak usia dini dan mengetahui peran guru dalam pelaksanaan permainan lompat tali serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Dalam konteks pelaksanaan permainan lompat tali, implementasi permainan tradisional ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik anak usia dini di PAUD Bina Kasih yang terletak di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat. Permainan tradisional memiliki unsur pendidikan yang signifikan dalam mendorong perkembangan dan keterampilan anak. Salah satu permainan yang bisa kembangkan kemampuan motorik anak ialah lompat tali, yang berperan dalam meningkatkan aspek keseimbangan, ketangkasan, kekuatan otot, kecerdasan, dan keberanian. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus serta bersifat deskriptif atau deskriptif terhadap fenomena yang terjadi. Dalam studi kasus, peneliti mendokumentasikan dan menganalisis secara menyeluruh suatu kasus atau situasi tertentu, seperti pelaksanaan permainan tradisional lompat tali di PAUD Bina Kasih desa Mekar Jaya. Hasil penelitian memperlihatkan jika penerapan permainan tradisional lompat tali dalam pengembangan motorik anak usia dini di PAUD Bina Kasih Desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Barat menunjukkan hasil yang baik. Lompat tali berkontribusi secara positif pada perkembangan motorik anak, dengan permainan ini anda dapat melatih ketelitian, keseimbangan dan motorik kasar lainnya. karena lompat tali dengan posisi tinggi juga melatih gerakan anak yang amat berguna buat membangun otot yang kuat. Dengan memakai permainan tradisional ini bisa tingkatkan motorik kasar, anak dapat mengembangkan motoriknya secara maksimal.
Copyrights © 2024