Journal of Islamic Communication Studies
Vol. 2 No. 2 (2024): Juli

Kategori Sosial dan Strategi Penyampaian Pesan Majelis Kopi Nakaya Palangka Raya: Analisis Kategori Sosial Melvin F. DeFleur

Prasongko, Wahyu Agung (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)
Roziqin, Muhamad Arif (Unknown)
Andriani, Riska Furi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori sosial dan strategi dakwah yang diterapkan di Majelis Kopi Nakaya Palangka Raya, yang merupakan fenomena sosial unik dengan kombinasi aktivitas ngopi dan dakwah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas jama’ah Majelis Kopi Nakaya di Palangka Raya terdiri dari remaja dan dewasa, yaitu individu berusia 17–35 tahun. Berdasarkan kategori sosial agama, jama’ahnya adalah umat Islam, dengan mayoritas perempuan. Dari segi pendidikan, sebagian besar jama’ahnya merupakan pelajar dan mahasiswa. Kemudian, strategi penyampaian pesan dakwah majelis Kopi Nakaya Palangka Raya ini meliputi pembacaan salawat Nabi, ceramah agama, dan diskusi agama, sehingga menjadikannya ruang yang relevan bagi kelompok usia muda untuk memperdalam pemahaman spiritual dalam suasana yang santai dan inklusif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JICOS

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Islamic Communication Studies (JICoS) terbit secara berkala dalam 1 tahun 2 kali terbit (Edisi Januari dan Juli). Journal of Islamic Communication Studies (JICoS) diterbitkan oleh Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Journal of ...