Civis: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 2, No 2/Juli (2012): CIVIS

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BINGKAI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Wiyono, Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2013

Abstract

Melihat dan merasakan fenomena dan gejala sosial yang terjadi di Indonesia akhir-akhirini semakin dirasakan memprihatinkan dan sekaligus membahayakan kelestarian kehidupanberbangsa dan bernegara. Tindakan anarkis semakin marak, bebasnya mengakses situs-situs dimedia elektronika yang merusak moral generasi muda, penyalahgunaan narkoba, korupsimerajalela, munculnya gerakan-gerakan yang berbau SARA, semakin tipisnya kepercayaanmasyarakat kepada pemerintah, dan lain sebagainya.Kondisi seperti ini merupakan bentuk konkrit menurunnya nilai-nilai luhur yang telahdimiliki bangsa Indonesia, dan bahkan sejak jaman dahulu menjadi kebanggaan bangsa-bangsa didunia akan kebesaran dan keluhuran bangsa Indonesia. Hal ini tidak lain adalah karena semakinditinggalkannya nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila sebagai jatidiri bangsa Indonesia.Karena terancamnya kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara bagi Bangsa Indonesiaakibat semakin meninggalkan nilai-nilai karakter bangsa, dengan masih tersisanya kesadaranakan kelemahan dan kekurangan akibat mengabaikannya nilai-nilai tersebut, maka penanaman,peningkatan, dan pelaksanaan nilai-nilai karakter melalui pendidikan formal maupun non formal,oleh seluruh komponen bangsa secara serentak segera melaksanakan, dan menempatkan sebagaiprioritas utama.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Karakter, Substansi Pendidikan, Revitalisasi nilaikarakter, Implementasi Karakter

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

civis

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The focus of CIVIS is to provide scientific articles on social science dan Pancasila that developed in attendance through article publications, research reports, and book reviews. SCOPE: CIVIS journal welcomes papers from academicians on theories, philosophy, conceptual paradigms, academic research, ...