Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 1 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Penerapan Media Pembelajaran Digital Bermuatan Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Wulan Pratami Dewi, Ni Putu (Unknown)
Bagus Putu Arnyana, Ida (Unknown)
Wayan Suja, I (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis secara deskriptif tentang penerapan media pembelajaran digital bermuatan Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka yaitu penelusuran terhadap buku dan jurnal yang terbit selama 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran digital yang bermuatan Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA di sekolah dasar menunjukkan hasil yang baik yaitu; 1) Media yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran, 2) Berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep, 3) Menguatkan karakter, 4) Mengasah sikap sosial siswa, 5) Meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab siswa terhadap budaya lokal. Namun, masih sedikit guru dan peneliti yang menggunakan media pembelajaran digital dengan muatan Tri Hita Karana dalam pembelajaran IPA di SD. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital memberi pengaruh positif pada pembelajaran IPA di SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...