Di era industri 4.0 perkembangan teknologi digital menjadi hal yang penting. Dari Berbagai sektor industri mengintegrasikan teknologi digital guna memajukan perkembangan bisnisnya. Digitalisasi memiliki potensi besar dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas suatu bisnis. Tren digitalisasi bisnis di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan teerbukti dalam Perkembangan teknologi dan popularitas bisnis makanan dan minuman yang semakin pesat membuat lahirnya berbagai macam food startup di berbagai negara termasuk Indonesia Tujuan untuk meningkatkan promosi wisata Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II adapun Digital Marketing dengan Framework RACE yang akan diwujudkan dalam aplikasi berbasis Website,manajemen pemasaran, manajemen keuangan,branding produk,penataan lokasi yang kekinian (instagramable) melalui pelatihan dan pendampingan kepada para pengelola dan pedagang. Kegiatan ini juga turut mendukung pencapaian SDG’S poin 2 terkait menghapus kemiskinan (no poverty) SDG’S poin 9 terkait Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (decent work and economy growth). Dengan menggunakan metode yang dilaksanakan di Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II dengan jumlah 18 UMKM. Di mulai dengan melakukan observasi, FGD, penyuluhan edukasi, pre test, post test, pelatihan, pembagian souvenir dan penutupan. Diperoleh hasil bahwa UMKM di Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang Digital Marketing dengan Framework RACE meningkat namun tidak terlalu signifikan, hasil menujukan nilai rata-rata 69,41 pre test dan 73,68 post test.
Copyrights © 2024