Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 9 No 2 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI

KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG

Yeyen Yusniar (Unknown)
Triska Purnamalia (Unknown)
Martha Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran menulis teks yang dipelajari di SMP Negeri 3 Kayuagung didasarkan pada kurikulum merdeka. Salah satu teks yang dipelajari dalam kurikulum merdeka tersebut ialah teks cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi keterampilan membaca pemahaman cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan penyebab atau kendala mengapa siswa sulit dalam menulis teks cerpen sehingga siswa dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis teks cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan rancangan (desain) penelitian korelasional. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks cerita cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kayuagung dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai Thitung (0,475) lebih besar dari pada rtabel (0,349), dengan demikian Ho ditolak dan H, diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...