Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 13 No. 04 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan

PENGARUH CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN BRAND ATTACHMENT DAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Nur, Annisa (Unknown)
Cahyani, Putri Dwi (Unknown)
Ningrum, Nonik Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Transformasi digital menciptakan peluang bisnis bagi para pemasar yang secara aktif menyediakan cara-cara penting untuk menghubungkan merek dan pelanggan. Loyalitas adalah kunci untuk mempertahankan hubungan jangka panjang antara pelanggan dan merek. Keterlibatan pelanggan, keterikatan pada merek, dan kepercayaan pelanggan adalah faktor-faktor yang membangun loyalitas merek. Namun, penelitian yang mempelajari variabel-variabel tersebut secara menyeluruh belum banyak dilakukan di Indonesia. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi bagaimana customer engagement berpengaruh terhadap brand loyalty dengan brand attachment dan customer trust sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal, dengan menggunakan teknik purposive sampling melalui kuesioner dengan sampel sebanyak 165 responden. Analisis data penelitian ini menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer engagement, brand attachment, dan customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Keterikatan merek dan kepercayaan pelanggan secara parsial memediasi hubungan antara keterlibatan pelanggan dan loyalitas merek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...