Anak usia sekolah merupakan investasi dan generasi emas penerus bangsa. Pemberian makanan sehari-hari pada anak akan mempengaruhi peningkatan status gizi. Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) merupakan kegiatan penyediaan makanan kepada peserta didik dalam bentuk kudapan atau makanan lengkap beserta kegiatan pendukung lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi implementasi kebijakan Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) pada Sekolah Dasar Negeri di Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap 10 (sepuluh) informan yang terdiri dari Kepala Suku Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Ketua Komite Sekolah, Siswa dan Orang Tua Siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik content analysis untuk mengidentifikasi tema dan pola yang muncul dari data kualitatif, serta menggunakan analisis Rapid Assesment Prosedure (RPA). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rugulasi yang ada meskipun masih ada kendala dalam menentukan dana, sekolah sasaran dan jumlah siswa penerima. Pengawasan dan pelaporan sudah dilaksanakan dengan baik, tetapi dalam pelaksanaannya perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan program dan perlu adanya pendampingan dalam membuat laporan kegiatan.
Copyrights © 2024