Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Analisis Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Pada Proses Pembelajaran (Studi Literature Review)

Salim, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Pendidik dituntut untuk inovatif dalam melaksanakan pembelajaran, menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, oleh karena itu perlu memanfaatkan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang sebagai alternatif pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pemanfaatan pembelajaran daring pada proses pembelajaran. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literature review yang bersumber dari data sekunder yang berasal dari laporan hasil penelitian yang tertuang dalam artikel, buku teks, prosiding dan website serta sumber-sumber lain yang dianggap relevan dengan topik kajian ini. Selanjutnya peneliti melakukan tabulasi dan melakukan analisis untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat beberapa aplikasi pembelajaran daring yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu 1) Sway digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif 2) Wordwall berisi fitur kuis, menjodohkan atau memasangkan pasangan, pencarian kata, dan kata acak. 3) Quizizz.  memiliki fitur yang menarik, seperti karakter tema yang berbeda-beda,4) Google Classroom, dapat diakses kapan saja dan di mana saja, tidak membutuhkan banyak bandwidth atau kuota akses; 5) Zoom, memudahkan interaksi dengan siswa, memberikan variasi dalam pembelajaran online, 6) Kahoot, menggabungkan elemen pembelajaran dan hiburan dalam format kuis interaktif. Beberapa aplikasi ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar, motivasi belajar serta berpikir kritis siswa baik yang dilaksanakan pada sekolah dasar, sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...