Ameena Journal
Vol. 2 No. 4 (2024): Ameena Journal

Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Mawaris Terhadap Siswa

Ali, Syamsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan inkuiri terhadap materi mawaris peserta didik kelas XI di MAN 1 OKU Timur dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan inkuiri terhadap materi mawaris peserta didik kelas XI di MAN 1 OKU Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penrlitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-post test. pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling dengan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa uji prasyarat normalitas, homogenitas, dan untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi mawaris menggunakan uji N-gain dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil Uji-t diperoleh nilai Sig 0,05 (5%). Pada Sig (2-tailed) diperoleh 0.001 < 0.05 maka data yang diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar peserta didik pada materi mawaris. Maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat bpengaruh model pembelajaran problem based learning(PBL) dengan pendekatan inkuiri terhadap materi mawaris peserta didik kelas XI di MAN 1 OKU Timur. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan inkiri terhadap materi mawaris yang dianalisis dengan menggunakan N-gain dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,544 dalam kategori sedang dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,367 dalam kategori rendah dengan demikian model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan inkuiri berpengaruh signifikan terhadap materi mawaris peserta didik kelas XI di MAN 1 OKU Timur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aij

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ameena Journal bertujuan untuk menjadi media publikasi ilmiah yang memfasilitasi pengembangan dan penyebaran penelitian di berbagai bidang ilmu keislaman, dengan fokus pada kajian interdisipliner yang relevan dan aplikatif. Jurnal ini mencakup berbagai topik seperti Pendidikan Islam, Hukum Islam, ...