Penerapan teknologi e-learning telah menjadi bagian integral dalam pengelolaan pendidikan dan pelatihan di berbagai lembaga. Salah satu aspek kunci dalam konteks ini adalah efisiensi waktu pendaftaran peserta. Artikel ini mendokumentasikan studi kasus yang dilakukan di Lembaga ESAS Management, yang bertujuan untuk mengoptimalkan sistem e-learning guna meningkatkan efisiensi waktu pendaftaran peserta. Studi ini mengintegrasikan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang perubahan yang terjadi dalam proses pendaftaran peserta setelah implementasi sistem e-learning. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kecepatan pendaftaran peserta. Antrian dan waktu tunggu peserta berkurang, dan sistem e-learning memberikan ketersediaan 24/7, menghilangkan batasan waktu dalam proses pendaftaran. Verifikasi dokumen menjadi lebih akurat, mengurangi risiko kesalahan manusia. Dalam evaluasi berkelanjutan, peserta dan staf administrasi memberikan umpan balik positif tentang perubahan ini. Artikel ini juga menyoroti pentingnya pengumpulan data dan evaluasi berkelanjutan dalam menjaga dan meningkatkan efisiensi sistem. Penelitian ini memberikan dasar yang kuat bagi lembaga pelatihan lain yang ingin mengoptimalkan sistem e-learning mereka untuk efisiensi waktu pendaftaran peserta. Dengan demikian, artikel ini memberikan panduan yang berharga dalam mengadopsi teknologi e-learning untuk meningkatkan pengalaman peserta dan efisiensi proses administratif di lembaga pelatihan
Copyrights © 2024