JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 9, No 4 (2024): November, I Special Issue on "Educational design research for human beings learn

Analisis Kesuliatan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar Kelas IV Sd Negeri 004 Bukit Damar

Masitah, Widya (Unknown)
Rahayu, Restu Hesti (Unknown)
Sitepu, Melyani Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan belajar siswa, kemampuan belajar merupakan suatu situasi yang di dalamnya siswa tidak dapat memenuhi persyaratan yang diperlukan dalam pembelajaran sehingga proses dan hasilnya tidak memuaskan. Ketidak mampuan belajar ini merupakan kondisi yang di alami siswa hambatan dan gangguan dalam belajar dapat disebabkan oleh faktor internal dan ekternal siswa. Faktor internal misalnya sikap siswa terhadap pembelajaran, mitivasi dan kesehatan fisik faktor eksternal misalnya variasi metode guru dalam pembelajaran, sarana prasarana, lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar IPS siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPS tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumenter tentang topik penelitian siswa. Teknik analisis data dengan analisis deskritif kualitatif, miles huberman meliputi mengumpulkan, mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil menunjukan Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang memahami meteri IPS bahwa siswa mengalami kesulitan belajar karena sulit memahami kawasan tematik (buku pedoman pembelajaran), keterbatasan sumber belajar, kurang minat di kelas ips serta pelaksanaan pembelajaran masih berjalan dengan baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...