Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan belajar siswa, kemampuan belajar merupakan suatu situasi yang di dalamnya siswa tidak dapat memenuhi persyaratan yang diperlukan dalam pembelajaran sehingga proses dan hasilnya tidak memuaskan. Ketidak mampuan belajar ini merupakan kondisi yang di alami siswa hambatan dan gangguan dalam belajar dapat disebabkan oleh faktor internal dan ekternal siswa. Faktor internal misalnya sikap siswa terhadap pembelajaran, mitivasi dan kesehatan fisik faktor eksternal misalnya variasi metode guru dalam pembelajaran, sarana prasarana, lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar IPS siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPS tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumenter tentang topik penelitian siswa. Teknik analisis data dengan analisis deskritif kualitatif, miles huberman meliputi mengumpulkan, mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil menunjukan Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang memahami meteri IPS bahwa siswa mengalami kesulitan belajar karena sulit memahami kawasan tematik (buku pedoman pembelajaran), keterbatasan sumber belajar, kurang minat di kelas ips serta pelaksanaan pembelajaran masih berjalan dengan baik
Copyrights © 2024