Meskipun teknologi digital telah berkembang pesat, penerapannya di Universitas Merangin belum optimal. Sebagian besar dosen masih bergantung pada materi konvensional berupa teks atau slide sederhana tanpa elemen visual yang menarik. Adapun tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui penerapan aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Merangin. Kegiatan ini mencakup analisis kebutuhan, pelatihan, penerapan di kelas, dan evaluasi. Metode pelaksanaan kegiatan ini dirancang untuk memastikan penerapan aplikasi Canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif Struktur Aljabar dapat berjalan secara efektif dan memberikan dampak yang signifikan pada proses pembelajaran. Tahapan implementasi kegiatan ini melibatkan serangkaian langkah yang sistematis, seperti persiapan, pelaksanaan, penerapan, dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada mahasiswa prodi pendidikan matematika universitas merangin sebagai mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan Canva mempermudah mahasiswa dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis. Evaluasi menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman mahasiswa sebesar 33,33%. Kendala teknis yang dihadapi sebagian kecil mahasiswa menjadi masukan untuk pengembangan pelatihan lebih lanjut. Hasil akhir meliputi desain media pembelajaran inovatif yang relevan dengan materi Struktur Aljabar dan peningkatan keterampilan teknologi mahasiswa.
Copyrights © 2025