Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA ELEMEN DESAIN PEMODELAN JALAN DAN JEMBATAN DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Erdiani, Indah (Unknown)
Patriotika, Fithriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persentase hasil belajar yang rendah pada Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan serta kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model PBL berbantuan quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2 tahun ajaran 2024/2025. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Pariaman kelas XII DPIB yang terdiri dari 21 orang. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest dengan 41 soal objektif, dan dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U-test. Hasil menunjukkan bahwa Asymp.sig (<0,001) < (α) 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan quizizz berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman pada Elemen Desain Pemodelan Jalan dan Jembatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...