Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dengan pendekatan Outcome Based Education (OBE). Validasi CPL dilakukan untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan dunia kerja, tuntutan industri 4.0, serta standar nasional dan internasional seperti Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan akreditasi ASIIN. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terdiri dari 6 butir pernyataan, yang disebarkan kepada dosen dan guru ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa CPL yang dirumuskan sangat valid, dengan nilai rata-rata validitas sebesar 0,903. CPL ini telah memenuhi standar SN-DIKTI dalam aspek sikap dan keterampilan umum (0,933), sesuai dengan standar akreditasi ASIIN (0,933), mengacu pada kemampuan industri 4.0 (0,833), merumuskan keterampilan sesuai dengan KKNI (0,917), sejalan dengan visi dan misi Program Studi (0,883), dan mencerminkan profil lulusan yang diharapkan (0,917). Berdasarkan hasil ini, kurikulum MBKM dengan pendekatan OBE di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dapat dianggap relevan dan siap untuk diimplementasikan, namun masih membutuhkan beberapa penyesuaian dalam aspek literasi baru industri 4.0 dan visi program studi.
Copyrights © 2024