Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 1 PARIAMAN

nami, yolanda putri (Unknown)
Arifin, Ari Syaiful Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Kemajuan teknologi pendidikan saat ini memerlukan pengembangan strategi penelaahan agar siswa dapat belajar dengan leluasa dan memperoleh materi yang unggul. Oleh karena itu, penting dalam merencanakan dan membuat media penelaahan interaktif dengan memanfaatkan Articulate Storyline terhadap mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi yang Diambil di SMK Negeri 1 Pariaman. Hal ini menanyakan poin-poin dalam menguji validitas dan praktikalitas yang dkembangkan. Strategi perbaikan yang digunakan yaitudemonstrasi DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate) dengan pendekatan tanya jawab dan perbaikan. Media item ini telah disetujui oleh tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media, serta diujicobakan keterhadap 45 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Estimasi Biaya Konstruksi terhadap semester Juli-Desember 2024. Dari penilaian tersebut terlihat bahwasanya media penelaahan interaktif ini memperoleh skor validitas dari pakar materi sebesar 0,88 (kategori valid) dan dari pakar media sebesar 0,94 (kategori valid). penilaian dari siswa oleh pendidik mendapat skor 0,94, sedangkan penilaian siswa mendapat skor 0,86. Berdasarkan hal tersebut mengambil kesimpulan bahwasanya media penelaahan interaktif berbasis Articulate Storyline dan layak digunakan dalam penelaahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...