Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH

Jetira, Amelinda (Unknown)
Body, Revian (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Riset berikut bertujuan guna mengidentifikasi persepsi guru perihal implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 2 Sungai Penuh. Riset berikut memakai metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi riset terdiri dari semua guru di SMK Negeri 2 Sungai Penuh, sebanyak 70 orang. Sampel ditentukan memakai rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sehingga didapat 59 guru sebagai sampel. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumenter. Uji instrumen dilakukan di SMK Negeri 2 Sungai Penuh dengan melibatkan 11 guru atau 15% dari populasi. Hasil riset memaparkan bahwasanya persepsi guru pada implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut tergolong sangat baik, dengan skor rata-rata 86%. Meskipun demikian, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan lebih lanjut, seperti ketersediaan sarana, penggunaan teknologi dalam perencanaan, serta peningkatan partisipasi siswa dalam evaluasi guna memaksimalkan efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...