Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran project based learning berdampak pada peningkatan keterampilan siswa. Permasalahan ini terjadi karena siswa tidak menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru dan penerapan model pembelajaran yang belum berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan yang mencakup pretest dan posttest dengan evaluasi yang dilakukan menggunakan rubrik yang terlampir. Uji normalitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis dilakukan pada data untuk analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa sebelum perlakuan mencapai 54,06, sementara itu nilai setelah perlakuan meningkat menjadi 81,71 dengan perbedaan 27,65. Sementara skor N-Gain mendapatkan nilai rata-rata 0,60 dan persentase N-Gain 60,07%. Hasil ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima setelah perhitungan paired sample t-test dengan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. Hasilnya menunjukkan bahwa keterampilan siswa pada elemen desain pemodelan bangunan di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan telah meningkat secara signifikan dengan penerapan model pembelajaran project based learning.
Copyrights © 2024