Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 4 No 3 (2024): Special Issue

PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN DISPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI

Siregar, Glosalia (Unknown)
Saragih, Sepriandison (Unknown)
Sihombing, Sabar Dumayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI IPS SMA Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/ 2025. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI IPS SMA Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/ 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebayak 170 Orang dan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-8 sebanyak 17 orang dan siswa kelas XI-9 sebanyak 17 orang. Jadi sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI-8 dan siswa XI-9 sebanyak 34 orang. Instrumen yang di gunakan adalah angket dan dokumentasi. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dan prestasi belajar siswa dinilai melalui dokumentasi hasil prestasi siswa dari sekolah. Seluruh data dari ketiga variabel di atas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji Chi Kuadrat dan ternyata ketiga variabel tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji korelasi yang dilakukan menggunakan program SPSS, diperoleh :Nilai koefisien profesionalisme guru (X1) sebesar 0,418, menunjukkan bahwa setiap peningkatan profesionalisme guru akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan nilai signifikan (Sig.) Sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan pengaruh yang signifikan. Nilai koefisien disiplin belajar (X2) sebesar 0,606, menunjukkan bahwa setiap peningkatan disiplin belajar akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan nilai signifikan (Sig. ) Sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan pengaruh yang signifikan. Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji signifikan pengaruh (Uji t) dengan menolak H0 dan menerima H1 maka diperoleh :Pengaruh antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI IPS SMA NEGERI 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025 adalah “sangat kuat”.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...