Journal of Global Economic Research
Vol. 1 No. 1 (2024)

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada Mata Kuliah Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Meningkatkan Pemahaman dan Penerapan Mahasiswa dalam Perpajakan

Susfa Yetti (Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi)
Nela Safelia (Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi)
Dios Nugraha Putra (Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Mata kuliah Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Mata kuliah Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan ini merupakan mata kuliah yang memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang perpajakan dan sistem perpajakan di Indonesia. Sistem pembelajaran dengan model project based learning merupakan suatu sistem model pembelajaran   dimana   membutuhkan penyelidikan secara autentik yakni penyelidikan yang membutuhkan penyelesaian nyata dari permasalahan dilihat dari materi, teori, ataupun konsep yang diterima oleh mahasiswa berlangsung secara alamiah dalam   bentuk   kegiatan   mahasiswa   bekerja   dan    mengalami bukan mentransfer pengetahuan dari pengajar. Maka dari itu, pengajar perlu mempertimbangkan dalam mengembangkan model pembelajaran di kelas menggunakan project based learning. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan Tim pengajar Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan telah membuat draf instrumen pembelajaran yang mencakup CPL, Silabus, dan RPS. Tim Pengajar juga telah mempraktikan kegiatan pembelajaran PjBL dengan metode team Based Project. Pelaksanaan tersebut berjalan baik dan mahasiswa mampu mencapai CPL dengan pengapliaksian metode etersebut

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jger

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Global Economic Research publishes research papers in the field of Global Scale Economics. The published papers address themes of primary concern to researchers, practitioners and policymakers working in different international contexts. The work must be of a quality and context that ...