Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada mata pelajaran Bangunan Luar Angkasa. Penelitian ini dilakukan di SMPN B. Srikaton. Metode yang digunakan adalah desain penelitian Quasi Experimental Design dan Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari tujuh kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VII. 3 sebagai kelas eksperimen dan VII. 2 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemahaman matematis diperoleh dari skor pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mempunyai kemampuan pemahaman matematis yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan analisis statistik menggunakan uji Independent Sample T Test yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,30 > 1,67 dengan tingkat signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMRI berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada mata pelajaran Bangunan Luar Angkasa. Penelitian ini dilakukan di SMPN B. Srikaton. Metode yang digunakan adalah desain penelitian Quasi Experimental Design dan Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari tujuh kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VII. 3 sebagai kelas eksperimen dan VII. 2 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemahaman matematis diperoleh dari skor pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mempunyai kemampuan pemahaman matematis yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan analisis statistik menggunakan uji Independent Sample T Test yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,30 > 1,67 dengan tingkat signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMRI berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024