Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kecemasan siswa, dan fasilitas belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah kecemasan matematika (X1) dan fasilitas belajar (X2) sebagai variabel bebas serta hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian pada siswa kelas VIII sebanyak 397 orang di SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 32 siswa yang diperoleh melalui cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematika dan angket fasilitas belajar siswa serta soal uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, menunjukan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika dan fasilitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan besar kontribusi pengaruhnya sebesar 73,9%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024