Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 12 No 1 (2025): TARBIYAH WA TA'LIM March 2025

Development of QR Code-Based E-Module on Student Responses at SMK Driyorejo

Mendieta, Ferdinan Daud (Unknown)
Haryudo, Subuh Isnur (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk, Menganalisis kelayakan E-Modul berbasis QR code untuk menunjang pembelajaran pada mata pelajaran instalasi motor listrik kurikulum merdeka yang diterapkan di SMK Negeri 1 Driyorejo khusunya fase F kelas XI TITL, kemudian yang kedua yaitu, untuk mengetahui seberapa praktis penggunaan E-modul berbasis Qr-code yang dilihat melalui respon siswa kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Driyorejo, dan yang terakhir yaitu, Mengetahui hasil belajar kognitif siswa untuk mengukur seberapa efektif penggunaan E-Modul berbasis QR Code setelah diberikan perlakuan.Berdasarkan hasil uji validitas E-Modul berbasis QR Code mendapatkan rata-rata rating sebesar 96,6%. Kemudian pada hasil pengujian N-Gain hasil skor N-Gain dari 31 sample dengan nilai minimum sebesar 0.25 dan nilai maksimum 0.91. sehingga rata-rata skor N-Gain sebesar 0.64. nilai ini berada pada interval 0.30 n 0.70 yang berarti bahwa skor rata –rata N-Gain berada pada kriteria sedang. Dengan demikian penggunaan E-Modul berbasis QR Code terbukti efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Tarbiyawat

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tarbiyah Wa Talim provides scientific article of education that developed in attendance through the article publications, book reviews, original research report, reviews, and scientific commentaries in Islamic education. Tarbiyah wa Talim encompasses research articles, original research report, ...