Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business
Vol. 4 No. 6 (2024): Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (2024)

Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan dan Pendapatan Terhadap Perilaku Menabung

Widya Latief, Indha Maharani (Unknown)
Puspitasari, Diana (Unknown)
Subagyo, Herry (Unknown)
Oktoriza, Linda Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh media sosial, literasi keuangan, dan pendapatan terhadap perilaku menabung. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif. Data didapat dari sumber primer melalui penyebaran kuesioner kepada sampel sebanyak 114 partisipan yang berasal dari Generasi Z, yaitu individu berusia 20 hingga 24 tahun yang berdomisili di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.Proses pengujian hipotesis memanfaatkan analisis regresi berganda yang difasilitasi oleh perangkat lunak SPSS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial tidak memberikan pengaruh terhadap perilaku menabung. Hubungan antara literasi keuangan dan pendapatan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ifi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (IFI-JEB) is a fully refereed (double-blind peer review) and an open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers and students, published by Lembaga Intelektual Muda (LIM) Maluku. IFI-JEB ...