COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 9 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Pemanfaatan Sumber Belajar Lokal dalam Pembelajaran IPS untuk Memperkuat Identitas Nasional

Ni Made Wisudarini Pratiwi (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Lasmawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Kertih (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan sumber belajar lokal dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk memperkuat identitas nasional siswa. Sumber belajar lokal, seperti situs sejarah, tradisi budaya, dan sumber daya alam, digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan relevan. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan guru IPS dan siswa dari sekolah dasar di daerah kaya budaya lokal. Hasilnya menunjukkan bahwa integrasi sumber belajar lokal meningkatkan pemahaman siswa terhadap sejarah, budaya, dan nilai-nilai kebangsaan, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air. Meski efektif, tantangan seperti keterbatasan pengetahuan guru dan akses terhadap sumber belajar lokal memerlukan perhatian. Studi ini merekomendasikan pelatihan guru dan kolaborasi dengan komunitas lokal untuk mengoptimalkan pembelajaran berbasis konteks lokal

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...