Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2024): November 2024

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Mahmudah, Qudsiyah Nurul (Unknown)
Aszahra, Yayang Zabina (Unknown)
Afkarina, Nurul Izza (Unknown)
Prayogo, Muhammad Suwignyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran IPA hendaknya dapat dilaksanakan secara interaktif, menyenangkan, memotivasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hal ini selaras dengan konsep pembelajaran berbasis inkuiri, yakni pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pemain utama dalam proses pembelajaran. Namun, penerapan pembelajaran berbasis inkuiri khususnya pada pembelajaran IPA masih terbatas.  Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan tinjauan literatur tentang pendekatan pembelajaran IPA berbasis inkuiri di SD. Tujuan penulisan tinjauan literatur ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, (2) menjelaskan hasil penerapan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, dan (3) menganalisis peluang peluang penerapan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dalam pembelajaran IPA di SD. Tinjauan literatur ini diperoleh dari artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2014-2022 yang dapat diakses fulltext dalam format pdf dengan menggunakan google scholar dan mendapatkan 15 artikel dengan kata kunci pembelajaran IPA berbasis inkuiri di SD. Berdasakan hasil analisis tinjauan literature dapat disimpulkan (1) metode inkuiri memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi yang esensial dalam memahami konsep-konsep IPA,  (2) pembelajaran berbasis inkuiri mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif , dan (3) pendekatan pembelajaran IPA berbasis inkuiri juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta terlibat aktif dalam proses  pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendikdas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan ...