Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2024): November 2024

HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Cahyani, Fitri Dwi (Unknown)
Sari, Nurratri Kurnia (Unknown)
Pujiyana, Pujiyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

Motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan di sekolah. Akan tetapi, masih banyak dijumpai motivasi belajar siswa yang rendah. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya . Tujuan penelitian untuk mengetahui ada hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pasarkliwon Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional yang bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara variabel interaksi teman sebaya dengan variabel motivasi belajar. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil Penelitian yaitu penelitian yang dihitung dengan rumus korelasi produk moment dengan menggunakan aplikasi SSPS 25. Hasilnya Rhitung Rtabel atau 0,652 0,468 dengan taraf signifikansi 5% maka Ho tidak diterima atau Ha diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara variabel interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasarkliwon Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendikdas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan ...