Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia
Vol 13 No 2 (2024): Oktober, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia

PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

D.S. Salsabila (Unknown)
Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Setiap siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis yang berbeda, sehingga diperlukan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat menyesuaikan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagi kelas kontrol yang ditentukan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t test dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dengan diperolehnya nilai diperoleh Sig.(2 tailed) pada baris Equal variances not assumed sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,005 sehingga diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...