Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan program supervisi melalui model evaluasi CIPP di SDN 1 Marga Dauh Puri. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan Guru di SDN 1 Marga Dauh Puri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles and Huberman. Secara keseluruhan, evaluasi program supervisi akademik menggunakan model CIPP menunjukkan bahwa program ini berjalan baik dan efektif serta mampu memberikan dampak positif terhadap pengembangan kinerja guru dan kualitas pembelajaran. Beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan program supervisi meliputi kesulitan yang dihadapi kepala sekolah saat harus mensupervisi guru di luar bidang spesifik mereka dan kendala karena tugas yang mendadak selain itu keterbatasanan alat peraga menjadi salah satu hambatan yang membuat proses pembelajaran di kelas kurang maksimal. Untuk mengatasi berbagai kendala tersebut, diperlukan strategi yang komprehensif serta mendorong mendorong para guru untuk berinovasi. Evaluasi program supervisi akademik di SDN 1 Marga Dauh Puri berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program serta kebutuhan perbaikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024