Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara kreativitas mahasiswa dengan hasil belajar pada mata kuliah penataan sanggul pada program studi S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, konsentrasi tata rias. Kreativitas dianggap sebagai faktor penting dalam menghasilkan karya seni tata rias yang unik dan inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah penataan sanggul. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan menggunakan Skala yang diuji validitasnya. Teknik analisis tingkat prestasi responden dengan rumus persentase persyaratan tes Analisis dengan menggunakan uji normalitas dan linieritas serta koefisien korelasi Analisanya menggunakan korelasi person product moment dan untuk uji hipotesis uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa kreativitas mahasiswa termasuk dalam kategori dengan persentasenya 71% sedangkan rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 73 yang menyatakan masih di bawah nilai standar yang ditentukan adalah 75. Hasil korelasi Analisis diperoleh nilai r hitung sebesar 0,685 dengan interpretasi hubungan yang kuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Tes ha diterima disarankan kepada dosen untuk  meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui upaya penggunaan sumber belajar dan pembelajaran strategi yang lebih membangun dan mendorong kreativitas mahasiswa
Copyrights © 2024