Kebijakan PPDB sistem zonasi merupakan sebuah terobosan untuk pemerataan pendidikan, sekaligus menghilangkan label sekolah favorit dan tidak favorit di masyarakat. Namun, banyak permasalahan yang muncul mulai proses implementasinya sampai dampak yang dirasakan sekolah, guru dan peserta didik. Hal ini mendorong penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis gejala-gejala yang mempengaruhi kinerja kebijakan. Dengan teori Van Horn dan Van Matter, yang tidak hanya berfokus pada faktor internal kebijakan, akan tetapi faktor eksternal. Pemerolehan data dalam penelitian kualitatif ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) optimalisasi standar dan tujuan kebijakan dengan perbaikan/revisi meminimalisir terjadinya pro dan kontra di masyarakat; (2) Perbedaan kualitas sumber daya antar sekolah dapat menghambat informasi atau maksud kebijakan; (3) aktivitas dan komunikasi antar organisasi pelaksana mampu mempengaruhi jelas tidaknya standar dan tujuan kebijakan, (4) koordinasi harus jelas dan konsisten serta tidak mengandung informasi hoax; (5) Karakteristik agen pelaksana yang berbeda dapat mempengaruhi komitmen dalam mengimplementasikan kebijakan; (6) Kondisi ekonomi, politik, dan sosial yang berbeda dapat menimbulkan reaksi pro dan kontra secara eksternal kebijakan, seperti perbedaan besaran anggaran dana berpengaruh pada sarpras layanan pendidikan.
Copyrights © 2024