Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang dilakukan pada kelas II SD Inpres 1 Lere menemukan bahwa hasil belajar peserta didik terhadap materi Contoh Sikap Mematuhi aturan di lingkungan keluarga belum maksimal. Hal ini disebabkan guru belum menemukan model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan desain penelitian ini menggunakan desain penelitian kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi. Berdasarkan hasil tes yang didapat dari proses pembelajaran menggunakan model PBL pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, nilai peserta didik dari awal sebelum menerapkan model PBL menunjukkan hanya 18,75% peserta didik yang tuntas dalam tes awal tersebut. Namun setelah pembelajaran dilakukan dengan penerapan model PBL hasilnya adalah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik menjadi 82,5% peserta didik yang berhasil tuntas dalam pembelajaran. Dari data yang diperoleh disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan pancasila di kelas II Sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024