Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 1 (2025): JPTI - Januari 2025

Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Otomotif di Indonesia: Studi Meta Analisis

Fuatzin, Ignas (Unknown)
Iskandar, Ranu (Unknown)
Naryanto, Rizqi Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana berbagai pendekatan pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pendidikan otomotif. Penelitian ini  merupakan meta analisis. Data dikumpul dari google scholar dan semantic scholar yang dicari bulan Oktober 2024. Kata kunci menggunakan Bahasa Indonesia dengan kombinasi metode pembelajaran Demonstrasi, Kooperatif, Problem-based Learning, Team Quiz, Group Resume, Inkuiri dan Active Knowledge Sharing dengan hasil belajar siswa SMK Otomotif.. Data yang dimasukkan adalah g sebagai Effect Size dan SEg sebagai Standar Error untuk menghasilkan forest plot yang didalamnya terdapat interval nilai untuk setiap penelitian dan kesimpulan. Perhitungan heterogenitas dan bias publikasi juga diidentifikasi hasil analisisnya. Ada 15 manuskrip yang digunakan untuk dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan effect size sebesar 1,601, terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran dan hasil belajar. Hasil belajar siswa telah terbukti meningkat secara signifikan dengan metode demonstrasi, kooperatif, problem-based learning, inkuiri, group resume, dan active knowledge sharing. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa variabel wilayah dan jenis publikasi tidak berkontribusi secara signifikan terhadap perbedaan hasil belajar. Pada hasil analisis menggunakan model Random Effect menunjukkan bahwa wilayah Jawa = 2.403, 95%CI[-2632, 7.437], Sulawesi=0.254, 95%CI[-5.687,6.195] dan wilayah Sumatera = -1.876, 95%CI [-7.306, 3.554] tidak signifikan karena semua nilai p > 0.05. Hasil analisis heterogenitas menunjukkan tingkat variasi yang signifikan. Hasil analisis menggunakan model random effect menunjukkan bahwa beberapa metode seperti Demonstrasi = -5.361, 95%CI[-8.516, -2.205], Kooperatif = -5.350, 95%CI[-8.793, -1.907], Problem-Based Learning = -5.450, 95%CI[-8.896, -2.004], Team Quiz = 0.188, 95%CI[-4.727, 5.103], Group Resume = -5.140, 95%CI[-9.973, -0.307], Active Knowledge Sharing = -5.716, 95%CI[-10.545, -0.887], Inkuiri = -6.911, 95%CI[-11.538, -2.285]. Urutan metode pembelajaran yang signifikan  mempengaruhi hasil belajar, yaitu demonstrasi, kooperatif, problem-based learning, group resume, inkuiri dan active knowledge sharing, sedangkan metode team quiz yang tidak signifikan karena nilai p > 0.05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...