penelitian ini untuk Untuk mengetahui Penerapan Nilai nilai shalat untunk mengatasi Perilaku Membolos Siswa dan bagaimana gambaran perilaku siswa yang muncul setelah menerapkan metode tersebut Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana layanan konseling pendekatan islam melalui nilai- nilai shalat dalam menangani perilaku membolos siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Disamakan Makassar. Hasil dari penelitian ini berisi uji deskriptif yang menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memiliki perilaku membolos dengan kategori rendah memiliki persentase sebanyak 4% yakni berjumlah 1 orang, sedangkan jumlah siswa yang memiliki perilaku membolos dengan kategori sedang memiliki persentase sebanyak 76% yakni berjumlah 19 orang, dan yang memiliki perilaku membolos tinggi dengan persentase 20% berjumlah 5 orang, dari jumlah total keseluruhan siswa sebanyak 25 orang. Berdasarkan Hasil uji hipotesis Wilcoxon menunjukkan hasil uji signifikansi terhadap kedua variabel 0,043 0,05 maka H0 dalam penelitian ini diterima, yang berarti terdapat hubungan antara layanan konseling nilai- nilai ibadah shalat dalam mengatasi perikaku membolos di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah disamakan Makassar.Kata Kunci: Layanan Konseling Islam, Perilaku Membolos, Ibadah Shol
Copyrights © 2024