Abstrak: Sepeda motor merupakan sarana transportasi paling populer di Indonesia, namun seiring dengan hal itu isu menipisnya minyak bumi semakin santer ditambah lagi sepeda motor dengan BBM menjadi penyumbang gas karbon sebanyak 50 % dari keseluruhan gas karbon dunia. Solusi alternatif dari permasalahan tersebut adalah penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di bidang transportasi salah satunya sepeda motor listrik. Selain itu pengembangan sepeda motor listrik telah ada dalam peraturan presiden no. 55 tahun 2019. Pada artikel ini memuat perancangan sepeda motor trail listrik dengan motor listrik 3000 Watt dan Baterai 72V Adapun tahapan metode yang digunakan mulai dari perencanaan konsep yaitu menentukan rumusan masalah dan tujuan, dilanjut dengan perolehan data dari wawancara dan studi literatur, lalu dilanjut ke proses desain, implementasi atau proses perakitan komponen dan yang terakhir proses uji coba dan analisis data hasil. Proses uji coba dilakukan dengan 3 jenis uji coba yaitu uji coba berdasarkan fungsional instrument dengan hasil akurasi 100% berfungsi dengan baik dari 16 fitur yang ada, uji coba dengan dyno test menghasilkan torque maksimal sebesar 21 N/m saat tarikan gas pertama dan kedua, horse power sebesar 13,1 HP pada tarikan gas pertama, dan kecepatan maksimal sebesar 94,9 kph, dan uji coba langsung dijalan dengan 2 penumpang menghasilkan kecepatan maksimal 67,82 Km/jam dengan kecepatan rata-rata sebesar 20,66 Km/jam dan konsumsi energi sebesar 43 Wh/Km pada pengujian pertama. Dan menghasilkan kecepatan maksimal 28,35 Km/jam dengan kecepatan rata-rata 8,69 Km/jam dan mengkonsumsi energi sebesar 39 Wh/km pada pengujian kedua. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk penelitian-penelitian selanjutnya sehingga dapat lebih dikembangkan dengan menggunakan komponen dan metode lain. Kata kunci: 3 KW,72 V, Dyno Test, Perancangan, Sepeda motor listrik.
Copyrights © 2023