Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital
Vol. 1 No. 4 (2024): Desember

PELATIHAN DIGITALISASI PEMASARAN DAN PENCATATAN KEUANGAN SEDERHANA PADA UMKM MIE AYAM DI DUSUN BANDUT KIDUL

Sastianing Maharani, Tiara (Unknown)
Pabulo, Azfa Mutiara Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, namun banyak pelaku UMKM yang masih menghadapi tantangan dalam hal pemasaran produk dan pencatatan keuangan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan terkait digitalisasi pemasaran dan pencatatan keuangan sederhana pada UMKM Mie Ayam “Mbah Wongso” di Dusun Bandut Kidul, Argorejo, Sedayu, Bantul. Metode yang digunakan terdiri dari empat tahapan: survey, sosialisasi, pelatihan & pendampingan, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelaku UMKM telah mampu memanfaatkan Instagram sebagai platform digital untuk memasarkan produk mereka dan melakukan pencatatan keuangan sederhana dengan baik. Penerapan pemasaran digital dan pencatatan keuangan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan keberlanjutan usaha UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmebd

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital (JPMEBD) merupakan Jurnal Nasional yang bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh sivitas akademika mencakup keilmuan Ekonomi: Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan serta digitalisasi Ekonomi. ...