Abstract: The learning process must develop students' learning skills, one of which is the development of students' social skills. The research aims to determine the effect of the problem-based learning model on students' social attitudes. The research method is quantitative research. The instrument is a questionnaire sheet on students' social attitudes. The population used in this research was class X students. The research sample consisted of class XA students as the experimental class and class > 0.05, and the hypothesis test results are 0.001 < 0.05. The research results show that learning models significantly influence social attitudes. The influence of the learning model cannot be separated from the learning syntax. Applying syntax continuously can train students' skills in the learning process. Furthermore, the PBL learning model can be used as an alternative to improve students' social attitude skills.Keywords: biology learning process; problem-based learning; social attitudesĀ Abstrak: Proses pembelajaran harus dapat mengembangkan keterampilan belajar siswa salah satunya seperti perkembangan keterampilan sosioal siswa. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap sikap sosial siswa. Metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Instrumen yaitu lembar angket sikap sosial siswa. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel penelitian yang digunakan terdiri dari siswa kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Hasil analisis yaitu uji normalitas 0,62 > 0,05, uji homogenitas 0,80 > 0,05 dan hasil uji hipotesis yaitu 0,001 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap sikap sosial. Berpengaruhnya model pembelajaran tidak lepas dari sinktaks pembelajaran. Sintaks pembelajaran diterapkan secara berkelanjutan dapat melatih keterampilan siswa dalam proses pembelajaran. Lebih lanjut model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan sikap sosial siswa.Kata kunci: Problem-Based Learning; proses pembelajaran Biologi; sikap sosial
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024