Pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Winning, Kecamatan Pasarwajo, mengalami berbagai tantangan yang menghambat perkembangan optimal anak. Meskipun banyak orang tua menyadari pentingnya pendidikan, mereka sering kali kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mendukung pembelajaran anak di rumah. Hal ini menyebabkan anak-anak tidak mendapatkan stimulasi yang diperlukan, serta perhatian dan bimbingan yang cukup. Selain itu, keterbatasan sumber daya pendidikan dan budaya yang lebih mengutamakan pendidikan formal di sekolah semakin memperburuk situasi. Sebagai solusi, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya PAUD dan memberikan keterampilan praktis untuk mendukung pendidikan anak di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran yakni kuantitif survei dan kualitatif. Kegiatan yang dilaksanakan mencakup pengumpulan perspektif lokal melalui diskusi, pembentukan kemitraan dengan pembagian peran, dan partisipasi aktif masyarakat Desa Winning yang memiliki anak usia dini. Pendekatan ini diharapkan dapat membuat orang tua lebih terlibat dalam proses pendidikan anak. Subjek penelitian ini adalah berjumlah 15 orang tua yang memiliki anak usia dini di Desa Winning serta guru 2 orang guru Taman Kanak-Kanak yang mengajar di Desa Winning. Dengan melibatkan orang tua secara aktif, diharapkan mereka dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan relevan. Hasil pelaksanaan pengabdian ini orang tua dapat berperan menfasilitasi anak bermain dengan media yang ada di sekitar. Orang tua juga berperan membimbing dan mengarahkan anak agar aktivitas yang dilakukan memiliki nilai pembelajaran. Selain itu, melalui kegiatan ini orang tua berperan menjadi pengontrol aktivitas anak terkait dengan penggunaan gawai oleh anak-anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024