Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 4 No. 3 (2024): Artikel riset Periode Nopember 2024

Pengaruh Rasio Keuangan (DAR, CR, ROA) Terhadap Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2023

Rizki Damayanti (Unknown)
Muhammad Arief (Unknown)
Rizki Fillhayati Rambe (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Debt to Asset Ratio, Current Ratio, dan Return On Asset terhadap pertumbuhan laba dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019 – 2023. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Total pengamatan pada penelitian ini sebanyak 185 perusahaan yang terdiri dari 37 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis moderasi dengan pendekatan uji interaksi atau Moderated Regression Analysis dengan alat analisis SPSS versi 26. Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa Debt to Asset Ratio, Current Ratio, Return On Asset, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Secara parsial, Debt to Asset Ratio dan Current Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba, sedangkan Return On Asset tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hasil uji analisis moderasi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh Debt to Asset Ratio dan Current Ratio terhadap pertumbuhan laba, sedangkan ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi Return On Asset terhadap pertumbuhan laba.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...