Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi pembelajaran dan kurikulum merdeka terhadap karakter kemandirian belajar peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Katolik di Kota Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi untuk mengukur hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dan signifikan inovasi pembelajaran guru terhadap karakter kemandirian belajar peserta didik dengan Uji T sebesar 16.029 > 0,159 nilai t Tabel dan dengan signifikansi 0,000 ˂ 0,05 sedangkan koefisien determinasi diperoleh R 0,664 dan R2 sebesar 0,718, terdapat pengaruh yang baik dan signifikan kurikulum merdeka terhadap karakter kemandirian belajar peserta didik dengan Uji T sebesar 15.029 > 0,159 nilai t Tabel dan dengan signifikansi 0,000 ˂ 0,05 sedangkan koefisien determinasi R sebesar 0,694 dan R2 sebesar 0,758, terdapat pengaruh yang baik dan signifikan inovasi pembelajaran dan kurikulum merdeka terhadap karakter kemandirian belajar SMA dan SMK Katolik di Kota Manado dengan Uji F sebesar 131.181 > 0,199 dan nilai F tabel dengan signifikansi 0,000 ˂ 0,05 dengan koefisien R sebesar 0,795, R2 sebesar 0,632 dan adjusted R2 sebesar 0,627.
Copyrights © 2024