Keterbatasan alat praktikum pada materi induksi elektromagnetik dapat mengurangi minat siswa dalam pembelajaran fisika. Siswa cenderung lebih mudah memahami konsep melalui praktikum dibandingkan pembelajaran tanpa praktikum. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan set mini Tesla Coil sebagai alat praktikum yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian meliputi angket validasi yang diisi oleh dua dosen dan satu pendidik, serta angket respon yang diisi oleh dua pendidik dan 22 peserta didik. Set mini Tesla Coil yang dikembangkan menggunakan prinsip transformator dengan lilitan primer dan sekunder serta High Voltage Generator untuk mengubah arus dan menaikkan tegangan, sehingga dapat mentransfer energi tanpa kabel. Hasil analisis menunjukkan alat praktikum ini memiliki validitas 86% (sangat valid), respons pendidik 87,5% (sangat praktis), dan respons peserta didik 84,1% (sangat praktis). Nilai n-gain sebesar 0,59 menunjukkan kategori sedang. Dengan demikian, alat praktikum set mini Tesla Coil ini terbukti praktis, efektif, dan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika.
Copyrights © 2024