Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM KEPRI)
Vol. 4 No. 1 (2024): Volume 4 Nomor 1, 2024

Pengembangan Identitas Merek Wisata Religi: Strategi Membranding Pesarean Gunung Kawi

Cecilia, Putri Engellina (Unknown)
Moh Abdul Azis (Unknown)
Okta Fajar Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Pesarean Gunung Kawi merupakan salah satu wisata religi yang ada di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.  Objek wisata ini dikelola oleh Yayasan Ngestigondho. Tidak seperti pesarean pada umumnya, Pesarean Gunung Kawi menawarkan pesona nilai-nilai sejarah dan budaya, toleransi beragama serta keindahan alam. Namun pasca pandemi Covid-19 jumlah kunjungan ke Pesarean Gunung Kawi menurun drastis. Apalagi beredar mitos-mitos yang mengelilingi Pesarean, terutama narasi tentang pesugihan membuat wisatawan Pesarean semakin menurun. Maka dari itu, perlu adanya upaya untuk membantu Yayasan Ngestigondho dalam memasarkan Pesarean Gunung Kawi. Pengabdian ini bertujuan untuk membuat strategi promosi pariwisata yang terintegrasi, menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran dan popularitas Pesarean Gunung Kawi, dengan fokus pada pembangunan ekonomi lokal dan pelestarian budaya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ABCD. Adapun hasil yang didapatkan ialah bertambahnya litelatur terkait Pesarean Gunung Kawi serta lebih luasnya jangkauan pemasaran yang dilakukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JPPM Kepri menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian analisis, aplikasi teori dan review kajian-kajian dari pengabdian pada masyarakat di Kepulauan ...