Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis HOTS pada subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku sebagai buku pendamping siswa kelas IV MI Al-Huda Kebonsari. Penelitian ini menggunakan penelitian penembangan R&D (Research and Development), dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Al-Huda yang berjumlah 14 siswa. Dari 14 siswa tersebut digunakan untuk uji coba terbatas (4 siswa) dan luas (10 siswa). Proses kelayakan modul ini diperoleh dari hasil analisis data kevalidan dan kepraktisan. Kevalidan diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli media. Berdasarkan penilaian dari ahli media terhadap modul pembelajaran berbasis HOTS, diperoleh hasil rata-rata 3,37 atau > 2,50 sehingga dikategorikan dalam kriteria sangat baik dan penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,00 atau 3,50 sehingga dikategorikan dalam kriteria sangat baik. Dari kedua hasil ahli media dan ahli materi dapat diperoleh rata-rata sebesar 3,68 atau > 3,50 atau dikategorikan sangat baik. Kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa terhadap keterbacaan menggunakan modul pembelajaran berbasis HOTS. Kepraktisan dalam uji coba terbatas menghasilkan 3,53 atau > 2,50 sehingga masuk dalam kategori praktis dan kepraktisan uji coba luas, menghasilkan 3,68 atau > 3,50 masuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran berbasis HOTS dinyatakan sangat layak dan sangat praktis.
Copyrights © 2021